• KABAR
  • Peluncuran Gerakan “Hutan Itu Indonesia”: Titik Terang di Hari Bumi Untuk Indonesia

Peluncuran Gerakan “Hutan Itu Indonesia”: Titik Terang di Hari Bumi Untuk Indonesia

Kampanye positif Hutan Itu Indonesia diluncurkan di Jakarta pada 22 April 2016 bertepatan dengan perayaan hari Bumi sebagai gerakan terbuka untuk melindungi hutan.

Rabu, 22 April 2016 - Saat ini, Indonesia masih mengadapi berbagai macam masalah dalam hal usaha perlindungan hutan. Masalah mengenai kuatnya tekanan dari perusahaan besar untuk mengubah fungsi hutan menjadi lahan kelapa sawit atau tambang. Adapula masalah menyangkut lemahnya kontrol pemerintah dalam melindungi area hutan konservasi. Untuk itu, Hutan Untuk Indonesia lahir sebagai sebuah gerakan terbuka untuk setiap orang yang memiliki keinginan, perhatian, dan cita-cita untuk melindungi hutan Indonesia.

Peluncuran gerakan Hutan Itu Indonesia di f(x) Sudirman dilaksanakan melalui kerjasama dengan REDD+ Partnership, Kompas TV, CCAI, iRadio, Cosmopolitan FM, Kinanthi, WWF-Indonesia, IDOEP, and Greed Indonesia. Dalam acara peluncuran tersebut dilakukan berbagai aktivitas, dimulai dari screening Forest Film Festival, pembacaan puisi, talkshow, dan penampilan musik. Perwakilan dari Kementerian Kehutanan juga menghadiri acara peluncuran sebagai sebuah bentuk komitmen untuk berkolaborasi dalam usaha melindungi hutan Indonesia.

Target pencapaian pada tahun pertama dari gerakan Hutan Untuk Indonesia adalah untuk meluncurkan kampanye pemuda di daerah-daerah. Selain itu, pengurus harian gerakan akan membentuk strategi konkrit untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan berbasis lingkungan seperti aktivitas melindungi hutan dan pendirian pasar komunitas di dalam dan di luar hutan. Gerakan ini memang tidak akan menjadi penyelamat atas semua kerusakan hutan yang telah terjadi, namun yang pasti gerakan ini menjadi sebuah titik terang bagi masyarakat Indonesia di Hari Bumi.(TERRY)

share this on: 

Fase Transisi REDD+ - United Nations Development Programme - 2016